Minggu, 03 April 2016

EKSTRAKURIKULER 



Asal kata ekstrakurikuler berasal dari dua kata yaitu ekstra yang berarti lebih, dan kurikuler yang artinya sama dengan kurikulum yang artinya pembelajaran. dari dua kata tersebut juga dapat diartikan bahwa ekstrakurikuler adalah pembelajaran ekstra/lebih, lebih di sana dapat diartikan tambahan. Ekstrakurikuler atau lebih dikenal dengan ekskul adalah kegiatan yang dilakukan siswa atau mahasiswa di luar jam belajar standar/kokurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler ada mulai tingkat pendidikan SD, SMP, SMA hingga universitas. 

Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan penunjang pembelajaran yang dilaksanakan di luar jam tatap muka. Meskipun demikian, kegiatan ini mendatangkan kesenangan dan keasyikan tersendiri bagi siswa. Boleh jadi sebagai ajang dan wahana menciptakan suasana dan nuansa baru bagi siswa untuk meningkatkan prestasi belajara akademis.


Pada hakikatnya kegiatan ini bertujuan untuk membantu perkembangan siswa  sesuai kebutuhan, potensi, bakat dan minat siswa. Diasumsikan bahka setiap siswa akan memiliki kebutuhan, potensi, bakat dan minat yang berbeda. Oleh sebab itu siswa boleh memilih kegiatan apa yang cocok dengan dirinya. Namun demikian, sekolah telah melakukan penelusuran dan penjaringan terhadap kebutuhan siswa tersebut sehingga sekolah bisa menentukan bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan di sekolah. Saya sendiri mengikuti dua macam ekskul di SMP Labschool Jakarta. BT2Q dan Tari Saman. 

BT2Q adalah singkatan dari Baca, Tulis, Tahfizh Qur'an. Seperti namanya, di ekskul ini kami melakukan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan Qur'an dan agama Islam. Ekskul BT2Q ada di hari Selasa, waktunya dari jam 15.00-16.30 WIB. Terkadang kami juga mengisi waktu dengan nonton film atau berdiskusi tentang hal-hal yang lagi buming sekarang. Sayangnya, hanya sedikit yang berminat dengan ekskul ini. Banyak yang bilang enggak seru, atau males karena setiap hari cuman ketemu sama Qur'an terus. 

Walaupun begitu, menurut saya, ekskul ini juga penting. Kenapa?. Karena banyak siswa-siswi yang sebelum masuk Labschool hafalan Qur'annya banyak, atau sering tilawah. Setelah masuk Labschool hafalannya jadi hilang, atau jadi jarang tilawah Qur'an. Nah, karena ikut ekskul BT2Q, Mereka jadi punya waktu khusus untuk menghafal dan tilawah Qur'an walaupun jadwal belajarnya padaaaat banget.

Yang kedua, Saya ikut ekskul Tari Saman. Sebenarnya, ekskul ini baru muncul di bulan Januari 2016 yang lalu, tapi peminatnya sudah banyak banget. Mulai dari siswi kelas 7, sampai yang kelas 8 juga ikut. Kami biasa latihan hari Jum'at, dari selepas sholat Jum'at sampai pukul 14.30 WIB. Pelatihnya bernama Bang Fikar. Dia orang Aceh asli. Jadi, sudah jago pastinya. Tari Saman itu agak-agak sulit. terkadang cepat, Tapi juga kadang-kadang lambat. Tapi, seru!. Oh iya, selain itu, durasi waktu tari saman juga lama. Jadi, kami harus mengingat banyak gerakan. Dengan adanya ekskul tari saman ini, kami jadi tahu dengan salah satu dari jutaan ragam budaya Indonesia. Selain itu, kami juga dapat mengenalkan budaya Indonesia (Tari Saman) kepada masyarakat yang belum tahu.

Manfaat kegiatan ekstrakurikuler sendiri adalah menjadi wadah untuk mengembangkan potensi, bakat dan minat yang sudah dimiliki siswa, sebagai upaya memupuk dan mengembangakan rasa tanggungjawabpribadi dan sosial siswa, dapat menciptakan suasana rileks, gembira dan menyenangkan, dan dapat memberikan bekal untuk mempersiapkan karir siswa.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar